Sambutan Dekan

TAZKIA 1920X600

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Transformasi dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia menjadi Institut Agama Islam (IAI) Tazkia pada tahun 2019 merupakan salah satu media adaptasi bagi Sivitas Akademika terhadap perubahan lingkungan. Digitalisasi di era IR.04 menjadi salah satu penyebab dari perubahan lingkungan yang mengakibatkan apapun lembaga nya harus beradaptasi dengan perubahan tersebut. Namun demikian, perubahan dari STEI menjadi IAI bukan skedar tuntutan perubahan lingkungan, Tazkia sebagai lembaga yang hidup, memiliki konsekuensi untuk terus menerus berkembang. Penting bagi Tazkia untuk mewujudkan mimpinya melalui Visi Tazkia 2025 yaitu untuk menjadi perguruan tinggi pilihan bagi para calon pemimpin bisnis dan intelektual kelas dunia.

Sebagai konsekuensi atas tranformasi tersebut, Tazkia perlu untuk membentuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). FEBI menghimpun beberapa Program Studi yang sudah ada sebelumnya yaitu Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Ekonomi Syariah dan Akuntansi Syariah. Diharapkan melalui transformasi tersebut, IAI Tazkia menjadi Center of Excellence bagi para calon pemimpin bisnis dan intelektual kelas dunia. FEBI IAI Tazkia memiliki visi untuk menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Pilihan Bagi Calon Pemimpin Ekonomi dan Bisnis Islam Tingkat Dunia Berkarakter T.A.Z.K.I.A Pada Tahun 2025.

Tercapainya Visi FEBI Tazkia 2025 diharapkan dapat menjadi penggerak utama tercapainya Visi Tazkia 2025. Tercapainya Visi FEBI IAI Tazkia tertumpu pada kekuatan yang dimilikinya yaitu: dosen yang berkompeten pada bidangnya, kurikulum yang mengintegrasikan ilmu Aqli dan Naqli, proses pembelajaran berbasis fun e-learning, fasilitas pendidikan yang mendukung, jaringan alumni di seluruh dunia dan kekuatan kelompok Tazkia. Dosen yang berkompeten pada bidangnya, adalah lulusan dari berbagai perguruan tinggi ternama di dunia, diantaranya Glasgow University, Islamic International University Malaysia (IIUM), Al- Azhar University Mesir, Melbourne University, Durham University, USIM Malaysia dll. Sebagian dari dosen juga adalah para pakar ekonomi Islam, praktisi keuangan Islam, regulator keuangan, wirausahawan, dll

Kurikulum yang mengintegrasikan ilmu Aqli dan Naqli, dimana Kurikulum Institut Tazkia merupakan perpaduan dari IIUM dan Al-Azhar yang menggabungkan disiplin Ilmu ekonomi konvensional dan Ilmu Syariah secara komprehensif, Program matrikulasi, Magang di LKS (Lembaga Keuangan Syariah) atau perusahaan bisnis, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Proses pembelajaran berbasis fun e-learning, dimana aplikasi ini membantu para mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran dengan mudah, dilengkapi dengan materi-materi yang sudah disediakan oleh setiap dosen pengajar melalui webinar. Mahasiswa dapat berinteraksi dengan dosen melalui online, kapanpun, dimanapun berada.

Fasilitas pendidikan di IAI Tazkia yang mendukung kegitana belajar mengajar baik fasilitas akademik maupun non akademik. Asrama di kampus Dramaga maupun Kampus Cilember Mega Mendung, sangat mendukung proses pembinaan ibadah maupun akhlak mahasiswa, laboratorium komputer, laboratorium mini bank, laboratorium Bahasa, perpustakaan. Fasilitas olahraga untuk futsal, basket, badminton juga olah raga lainnya. Incubator Bisnis, Bimbingan Akademik melalui wali dosen, program pembinaan dan bahasa, free internet access, kelas AC dan LCD, forum kajian, unit kegiatan mahasiswa, lingkungan yang kondusif, dll. Dengan fasilitas yang ada memungkinkan mahasiswa IAI Tazkia mampu mentransformasikan dari mahasiswa menjadi lulusan berkarakter T.A.Z.K.I.A. Karakter yang tercermin dari nilai yang dikandung dalam Tauhid, Amanah, Zero Defect – Quality, Knowledge – Competence, Inovative – Istiqomah dan Achievement through Teamwork.

Jaringan alumni IAI Tazkia yang tersebar di seluruh dunia: Madinah, China, Australia, Amerika, Malaysia, Jepang. Jaringan alumni yang tersebar di seluruh dunia, sangat mendukung kontribusi para alumni bagi kehidupan umat manusia. Kekuatan kelompok usaha Tazkia melalui PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASYKI), Baitul Mal Tazkia, Baitul Tamkin, Tazkia Travel Haji Umroh, Tazkia Consulting, Tazkia Global Islamic School, Tazkia book publishing. Kekuatan tersebut mempermudah para mahasiswa untuk belajar ekonomi dan bisnis Islam, tidak hanya melalui teori atau konsep tetapi juga praktek.

Demikian sambutan ini. Selamat menikmati informasi yang kami sediakan melalui website ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Dr. Achmad Firdaus MSi
DEKAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah