Workshop Kurikulum : Pengembangan Kurikulum Akuntansi Syariah Dalam Rangka Menciptakan Akuntan Profesional

Bogor, 4 April 2022. Dalam upaya mengikuti perkembangan dunia pendidikan yang kian dinamis, Program Studi Akuntansi Syariah IAI Tazkia menyelenggarakan Workshop Kurikulum yang diikuti oleh para Dosen pengampu mata kuliah pada program studi Akuntansi Syariah. Workshop dengan tema “Pengembangan Kurikulum Akuntansi Syariah Dalam Rangka Menciptakan Akuntan Profesional” ini menghadirkan narasumber Bapak Drs. M. Yusuf Wibisana, M.Ec., CPA. selaku Dewan Ikatan Akuntan Indonesia.

Pada kesempatan ini, Bapak Yusuf Wibisana menyampaikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh program studi dalam upayanya menghasilkan lulusan yang profesional. Yang pertama yaitu dengan membekali mahasiswa dengan hardskill dan softskill yang kelak bermanfaat ketika terjun ke dunia kerja. Sebab menurut Beliau, tak sedikit lulusan kampus ternama dengan IPK tinggi yang ternyata mengalami kesulitan ketika masuk ke dalam industri. Beliau juga menekankan pentingnya penguasaan materi akuntansi dasar bagi mahasiswa, serta pelatihan rutin bagi dosen pengampu mata kuliah, terutama rumpun mata kuliah Akuntansi Keuangan yang harus selalu update dengan perkembangan di dunia industri dan aturan (Standar Akuntansi Keuangan) yang mendasarinya.

Melalui kesempatan ini, Bapak Yusuf juga berpesan bahwa selain kurikulum, proses belajar mengajar juga tak kalah pentingnya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional. Metode pembelajaran pada mata kuliah inti akuntansi harus dilengkapi dengan kelas praktek atau tutorial yang intensif sehingga mahasiswa terlatih untuk mengerjakan soal maupun kasus-kasus terkait laporan keuangan maupun analisa atas laporan keuangan tersebut. Selain itu, pada era digital saat ini, kurikulum program studi akuntansi juga harus mengakomodasi kebutuhan mahasiswa untuk dapat menguasai skill-skill penting terkait data analytics maupun artificial intelligence.

 

 

Write a comment