LPPM IAI Tazkia bekerja sama dengan Prodi Manajemen dan Bisnis Syariah IAI Tazkia mengadakan pelatihan dan sertifikasi Associate Wealth Planner Syariah (AWPS)

Dalam rangka mewujudkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang perencanaan keuangan, Pusat Studi Pengelolaan Harta Islami LPPM IAI Tazkia secara khusus bekerja sama dengan Program Studi Manajemen dan Bisnis Syariah IAI Tazkia untuk mengadakan pelatihan dan sertifikasi Associate Wealth Planner Syariah (AWPS). Pelatihan dan sertifikasi diadakan secara luring dan daring. Program sertifikasi diadakan secara luring pada Rabu, 30 Maret 2022 sedangkan untuk daring akan diadakan pada pertengahan bulan April. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir Program Studi Manajemen Bisnis Syariah konsentrasi Manajemen Keuangan Islam. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi 3 sesi. Pada pelatihan ini, ada tiga trainer AWPS yang berkesempatan untuk bergabung dalam pelatihan luring ini, yaitu Rochania Ayu Yunanda, M.Sc(Acc), CFP, Putri Syifa Amalia, M.Sc, CFP, dan Ustadz Abdul Mughni, M.H.I., AWP., QWP. yang juga merupakan anggota DSN (Dewan Syariah Nasional) MUI.

Ustadz Abdul Mughni mengawali training dengan materi  Maqashid Syariah dan Pengelolaan Harta Islami dengan menekankan pada konsep harta dan penggunaannya yang sesuai dengan kaidah Islam.  Pada sesi-sesi selanjutnya Rochania Ayu Yunanda dan Putri Syifa Amalia focus pada materi kaidah-kaidah umum keuangan dari sisi perencanaan keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah serta praktek penggunaan aplikasi MyIFPE Syariah. Praktek penggunaan MyIFPE Syariah adalah sesi dimana peserta pelatihan melakukan role play sebagai seorang Associate Wealth Planner. Peserta pelatihan diberikan beberapa skenario kasus terkait perencanaan keuangan pribadi dan keluarga, diantaranya perencanaan dana pernikahan, perencanaan pengeluaran ziswaf, perencanaan pendidikan anak, dana pensiun, dan ibadah haji.

 

Write a comment